Rabu, 12 Desember 2012

Komponen-Komponen Pada Komputer



Komponen Perangkat Keras Lengkap Pada Komputer
Hardware
Komputer adalah sebuah alat elektronik yang terdiri dari tiga bagian sistem, yaitu: perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan manusia (brairuvare).Perangkat keras (hardware) adalah perangkat yang secara fisik dapat dilihat dan diraba, yang membentuk suatu kesatuan, sehingga dapat difungsikan.Berdasarkan kegunaannya, perangkat keras (hardware) digolongkan ke dalam tiga bagian utama, yaitu: alat input, alat proses, alat output.
Update terakhir 25 Juni 2011
KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER
A. ALAT INPUT :
1. Keyboard
Keyboard adalah Perangkat yang mempunyai tuts seperti pada mesin tik, yang dilengkapi beberapa tombol tambahan dengan berbagai fungsi, seperti tombol fungsi F1, F2, F3, dst, tombol Delete, tombol Esc, tombol Insert, dan sebagainya.
2. Mouse
Mouse adalah perangkat yang berfungsi menggerakkan pointer, menunjuk perintah atau program, seperti pada desktop lavar monitor.
3.  Joy Stick
Joystick adalah alat untuk mendukung berbagai program permainan (game) komputer.
B. ALAT PROSES :
Alat proses atau CPU (Central Processing Unit), merupakan alit atau unit terpenting di dalam sistem komputer. Tugas utamanya ialah mengontrol sistem komputer (hardware dan software) selama pengolahan data berlangsung.
1. Casing
Casing adalah perangkat berbentuk tabung yang digunakan untuk wadah atau tempat perangkat-perangkat keras (hardware) CPU.
2.Power Supply
Power supply adalah perangkat yang berfungsi menvalurkan arus listrik ke berbagai perangkat CPU. Perangkat ini memiliki lima konektor atau lebih, yang dapat disambungkan ke berbagai perangkat. seperti motherboard, harddisk, floppy disk drive. CD ROM, dan sebagainya.
3. Mother Board
Motherboard adalah perangkat terpenting di dalam komputer, yang dijadikan media atau tempat untuk memasang, atau meletakkan berbagai perangkat seperti processor, memori, card VGA, Sound card, card I/O dan sebagainya.
4. Processor
Prosesor adalah sebuah chip (mikroprocessor) yang merupakan otak dan pusat pengendali berbagai perangkat komputer, sehingga dapat bekerja satu sama lain.
5. Heatsink Fan
Heatsink Fan adalah perangkat yang berfungsi menyerap panas pada prosesor.
6. Memori
Memori adalah perangkat yang berfungsi mengolah data dan instruksi. Semakin besar memori yang disediakan, semakin banyak data maupun instruksi yang dapat diolahnya.
7. Card Grafis (VGA atau AGP)
Card grafis adalah perangkat berupa rangkaian elektronik berbentuk seperti kartu, yang berfungsi mengolah kualitas gambar pada layar monitor.
leberapa Jenis Card Grafis
–>Card PCI
–>Card AGP
–>Card PCI Express
KETERANGAN
–>AGP singkatan dari Accelerated Graphics Port. Fungsinya menyalurkan data    dari kartu grafis ke CPU tanpa harus metalui memori utama. Dengan demikian proses pengolahan data dapat lebih cepat.
–>PCI Express adatah card grafis yang memitiki kecepatan dan kualitas gambar lebih balk dari card AGP.
–>Jenis lain dari pengotah gambar yang pertu Anda ketahui ialah Video grafis onbord. Video grafis jenis ini tidak berbentuk kartu akan tetapi menyatu dengan motherboard.
8. Card I/O
Card I/O adalah sebuah card yang herfungsi menghubungkan motherboard dengan alat input dan alat output. la juga berhmgsi menghubungkan motherboard dengan harddisk dan floppy disk drive.
KETERANGAN
Pada kebanyakan motherboard model barn, card I/0 tidak digunakan tagi. Balk port serial (COM1 dan COM2) maupun port parallel tidak berbentuk kartu, akan tetapi menyatu dengan motherboard.
9. Sound Card
Sound card adalah perangkat multimedia berbentuk seperti kartu, yang hcrfungsi mcngolah suara pada komputer.
Jenis Sound Card
Pada umumnya sound card yang digunakan dan beredar dipasaran berjenis PCI.
Beberapa Merk Sound Card
Creative, Vibra, Yamaha, Vortex, Crystal, Aureal, USB, dan sebagainya.
KETERANGAN
Seperti halnya VGA Onborad dan I/0 Onboard, pada kebanyakan motherboard model baru, sound sudah terintegrasi dengan motherboard.
10. Floppy Disk Drive
Floppy disk dr•ir’c adalah alai untuk nlrnrhaca, menulis (backup) data pada disket.
11. Hard Disk
Harddisk adalah perangkat komputer yang berfungsi menyimpan data dalam kapasitas besar.
12. CD Room Drive
ROM drive adalah alat untuk membaca CD atau VCD pada komputer.
13. DVD Room Drive
DVD ROM drive adalah alat untuk membaca CD, VCD, dan DVD pada komputer.
14. CD RW Drive
CD RW drive adalah alat untuk membaca dan merekam (backup) data pada CD-R dan CD-RW.
15. DVD RW Drive
DVD RW drive adalah alat untuk membaca dan merekam (backup) data pada CD-R, CD-RW, DVD-R dan DVD-RW.
16. Kabel
Kabel adalah sekumpulan bans kabel yang berfungsi menghubungkan perangkat satu dengan yang lain, seperti menghubungkan harddisk, floppy disk drive dengan motherboard, CPU dengan monitor, dan sebagainya.
C. ALAT OUTPUT :
Alat output adalah alat untuk menampilkan basil pengolahan data dari CPU.
1. Monitor
Monitor adalah alat yang berfungsi menampilkan data atau informasi dalam bentuk teks dan grafik.
2. Printer
Beberapa Jenis Monitor
CRT adalah jenis monitor berbentuk tabung, karena Sony, LG, Samsung, Philips, View Sonic, Vistec, Proview, GTC, SPC, menggunakan tabung display.    Galaxy, dan sebagainya.
3. Speaker
Flat penel/LCD (Liquid Crystal Display) adalah jenis monitor yang memiliki permukaan datar, ukuran ringkas, dan konsumsi daya sangat rendah.
4. Headphone
D. ALAT PENYIMPANAN :
1. Floppy Disk/ Disket
2. CD (Compac Disk)
3. USB (Flash Disk)
4. Headphone
E. ALAT OPTIONAL (PERIPHERAL) :
1. Modem
2. Scanner
3. TV Tuner
4. Camera Digital
5. Camera Web

0 komentar:

Posting Komentar